Selasa, 16 Maret 2010

Definisi dan konsep e-commerce & e-business

e-commerce
e-commerce dapat didefinisikan dari berbagai perspektif :
1. Komunikasi
merupakan pengirman barang,jasa, informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer
atau sarana elektronik lainnya.
2. Perdagangan
penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa dan informasi melalui internet
atau fasilitas online lainnya.
3. Proses Bisnis
menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses
bisnis fisik dengan informasi.
4. Layanan
merupakan cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen dan manajemen untuk memangkas
biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.
5. Pembelajaran
sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas dan organisasi lain termasuk
perusahaan.
6. Kolaborasi
metoda kolaborasi antar dan intra organisasi.
7. Komunitas
tempat berkumpul bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan
transaksi dan berkolaborasi.

ada 2 tipe e-commerce :
a. business-to-consumer (B2C)
merupakan transaksi online antara perusahaan dengan konsumen individual.
contoh : retail online.
b. business-to-business
merupakan transaksi antara perusahaan dengan perusahaan lain.
e-business
e-business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian,
penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis
(baik individual maupun instansi).
Fungsi dari e business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business. Yang termasuk proses transaksi online adalah
1. Data entry
2. Transaction processing
3. Database maintenance (organization’s databases)
4. Document and report generation
5. Inquiry processing (Proses pemerikasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar